Blog

Tips Membuat Komputer Lebih Cepat

Bagi Anda yang memiliki personal computer atau PC mungkin pernah punya pengalaman dengan kinerjanya yang lambat. Pengalaman dengan kinerja PC yang lambat tidak hanya dialami oleh Anda, tetapi juga sebagian pengguna PC. Oleh karena menggunakan PC dengan kinerja yang lambat sangat tidak menyenangkan, pada artikel ini akan dibahas tips bagaimana membuat kinerja PC menjadi lebih cepat.

Back Up File Di Eksternal Storage

Salah satu penyebab lambatnya kinerja komputer Anda adalah ruang penyimpanannya yang penuh. Memang salah satu fungsi PC adalah sebagai hiburan, sehingga wajar kalau Anda menyimpan foto atau video di penyimpanan internal komputer Anda. Akan tetapi jika hal tersebut justru membuat kinerja komputer Anda menjadi lambat, sebaiknya Anda harus mulai menyadangkan file komputer Anda ke penyimpanan eksternal.

Anda bisa memindahkan file foto, video atau file-file berukuran besar yang jarang digunakan ke penyimpanan eksternal. Sekarang sudah tersedia memori penyimpanan eksternal dengan kapasitas yang besar, sehingga Anda bisa menyadangkan sebagian besar file yang jarang digunakan ke memori eksternal.

Atau jika anda tidak mempunyai memori penyimpanan eksternal, anda bisa mencadangkan file di online memori seperti google drive atau online memori lainnya. Online memori seperti google drive akan menyediakan ruang penyimpanan aplikasi mencapai puluhan gigabyte. Dan untuk mendapatkan file dari online memori anda bisa langsung mengunduh file tersebut.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Selain memindahkan foto atau video ke ruang penyimpanan eksternal, Anda juga harus menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi yang tidak terpakai jika dibiarkan akan membuat penyimpanan internal komputer Anda terbuang sia-sia. Jadi, lebih baik Anda menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah jarang terpakai.

Untuk membantu menentukan aplikasi yang jarang terpakai Anda bisa melihat histori pemakaian aplikasi di menu settings. Pada menu settings pilih menu aplication kemudian pilih sub menu uninstal aplication. Setelah anda mengklik uninstal aplication maka semua aplikasi yang terdapat pada komputer anda akan terlihat. Setelah melihat semua aplikasi yang terinstal di komputer, klik kanan di menu tersebut dan ceklis kotak dialog lastest used. Pilihan lastest used memungkinkan anda bisa melihat kapan terakhir kali aplikasi digunakan.

Gunakan Anti Virus

Dengan menggunakan software anti virus maka komputer Anda akan terbebas dari malware, bug dan adware. Malware dan adware merupakan salah satu penyebab lambannya kinerja komputer Anda, karena prosesor pada komputer Anda harus menangani aktivitas yang diakibatkan oleh malware atau adware, padahal aktivitas tersebut tidak diperlukan dalam kerja Anda. Oleh karena itu gunakanlah anti virus yang terpercaya dan bisa benar-benar menghilangkan virus di komputer Anda.

Dalam memilih software anti virus anda juga harus berhati-hati, karena banyak aplikasi anti virus yang ketika dipasang pada komputer justru membawa virus ke komputer. Pilihlah aplikasi anti virus dari pengembang yang terpercaya, bila memang diperlukan pakailah aplikasi anti virus yang berbayar untuk melindungi komputer anda dari serangan virus yang bisa merusak data anda.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat kinerja komputer atau PC Anda. Dengan kinerja komputer yang lebih cepat maka kerja anda juga akan semakin lancar dan tidak banyak waktu yang terbuang dengan percuma. Dengan tidak banyak waktu yang terbuang percuma maka produktifitas anda akan bertambah, dan tentu ini akan berdampak positif kepada kinerja anda.