Blog

Aplikasi Design Grafik Windows 10

Di era modern sekarang ini, desain grafik memegang peranan yang sangat penting. Pasalnya pada berbagai bidang sangat dibutuhkan ilustrasi grafis dan banyak software wajib diinstall untuk Anda. Mulai dari arsitektur, marketing dan hampir di semua bidang dalam kehidupan maupun bisnis sangat membutuhkan ilustrasi grafis. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan diulas mengenai aplikasi design grafik yang bisa dijalankan di Windows 10, karena hampir semua laptop atau komputer keluaran terbaru mengharuskan penggunaan Windows 10.

Adobe Illustrator

Aplikasi pertama yang sangat cocok untuk keperluan design grafik pada Windows 10 adalah adobe illustrator. Adobe illustrator merupakan software design berbasis vektor, vektor sendiri merupakan salah satu jenis gambar yang memiliki keunggulan yaitu tidak akan pecah meskipun dilakukan zooming. Meskipun terdapat aplikasi design vektor lainnya seperti corel draw dan sebagainya, adobe illustrator tetap menjadi yang terbaik untuk urusan gambar vector ini. Gambar vector sangat cocok untuk mendesain logo, ikon atau desain kaos.

Adobe Indesign

Adobe indesign merupakan salah satu software ilustrasi gambar keluaran adobe. Software ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang bekerja di bidang percetakan, pers atau sejenisnya. Karena gambar yang dihasilkan oleh software ini memiliki kualitas sangat bagus, oleh karena itu sangat cocok untuk digunakan dalam mendesain layout buku, koran, majalah atau profil perusahaan. Dengan menggunakan software adobe indesign dalam merancang layout, maka hasil yang didapatkan memiliki kualitas terbaik.

Adobe Photoshop

Pada awal penggunaannya aplikasi besutan adobe ini difungsikan untuk memanipulasi foto. Tools atau fitur yang disematkan juga sangat mendukung untuk kegiatan tersebut. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, aplikasi adobe photoshop ini menjelma menjadi aplikasi design grafik yang wajib dimiliki oleh desainer grafik. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat layout website dan melukis digital.

Inkscape

Inkscape merupakan salah satu aplikasi desain grafis berbasis vektor, sama dengan aplikasi adobe illustrator, hanya saja aplikasi inkscape ini sedikit berbeda dengan aplikasi adobe illustrator. Perbedaan aplikasi inkscape dengan adobe illustrator adalah aplikasi inkscape merupakan aplikasi open source, sehingga untuk mendapatkannya anda tidak dikenakan biaya.

3DVIA Shape

Aplikasi 3DVIA shape ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat gambar 3 dimensi. Meskipun aplikasi desain grafis sebelumnya juga memiliki kemampuan untuk membuat grafis 3 dimensi, tetapi aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para pemula yang ingin belajar membuat grafis 3 dimensi. Tools yang tersapat pada aplikasi ini cukup sederhana dan mudah dimengerti, sehingga tidak membingungkan jika digunakan oleh pemula desain grafis. Meskipun demikian, aplikasi ini juga cukup powerful jika digunakan oleh profesional untuk membuat desain grafis 3 dimensi.

LiberCAD

Jika aplikasi sebelumnya biasa digunakan untuk ilustrasi gambar, membuat logo dan mengedit foto, maka aplikasi liberCAD merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk desain grafis bangunan. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para insinyur di bidang teknik, seperti teknik sipil atau teknik mesin. Aplikasi liberCAD ini bisa berjalan pada windows 10, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk mengganti OS di komputer anda. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat desain arsitek bangunan, membuat blue print dan draftsment.

Demikian beberapa aplikasi desain grafik yang sangat disarankan untuk dimiliki oleh Anda pengguna Windows 10. Jadi bagi Anda pengguna Windows yang juga berprofesi sebagai desainer grafik maupun pemula dalam desain grafik tidak perlu risau, karena pada Windows 10 terdapat aplikasi desain grafik yang keren.